Saat ini tak bisa disangkal bahwa mobil memang banyak dibutuhkan untuk menuju ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman. Dan yang menjadi kelebihan lainnya adalah terhindar dari terik matahari ataupun hujan. Mobil juga bisa memungkinkan untuk membawa sejumlah orang secara bersamaan menuju satu tujuan, cocok untuk berlibur bersama-sama dengan keluaga. Mobil juga bisa dipakai untuk melakukan perjalanan, meskipun bisa menggunakan kendaraan roda dua, namun akan lebih aman jika menggunakan mobil.

Sekarang banyak sekali orang menggunakan mobil sebagai mata pencarian utama, salah satunya adalah sebagai driver daring. Selain itu, mobil juga dibutuhkan oleh sebagian orang yang tidak memilikinya dan akhirnya mereka menyewa karena perihal berpergian ke acara penting atau karyawisata. Beberapa tipe mobil juga bisa dijadikan sebagai modal transportasi traveling. Maka dari itu banyak peluang bagi pengusaha baru di jasa rental mobil.

Cara memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Minim
Menyediakan beberapa mobil dalam usaha rental mobil memang cukup menguras isi kantong. Belum lagi untuk menentukan target pasarnya, jika tiba-tiba membeli mobil langsung, tanpa mepertimbangkan target pasarnya bisa jadi mobil anda tidak akan laku, dan masih ada hal-hal lain yang perlu anda perhatikan. Untuk lebih efisien dalam mengawali bisnis mobil ini, maka anda perlu simak penjelasan kami berikut ini:

Baca juga : Aplikasi yang Bermanfaat untuk Traveling

Menentukan mobil yang banyak diminati
Hal pertama yang perlu dilakukan tentu mempunyai persediaan mobil sebelum disewakan. Sebelum itu ada baiknya untuk menetapkan jenis mobil yang paling banyak diminati di sekitar daerah tempat jasa layanan ini dibuat. Pada umumnya sebagian orang lebih menyukai jenis mobil MPV karena selain mampu menampung kapasitas yang cukup, bahan bakar juga terbilang irit. Mobil yang paling diminati seperti Xenia, Avanza, Innova, Gran Max. Setelah matang untuk membeli mobil yang diinginkan maka selanjutnya menetapkan harga sewa sesuai dengan tipe mobil tersebut.

Hindari Membeli Mobil Bekas
Meskipun membeli mobil bekas jauh lebih murah namun sebenarnya mengeluarkan banyak dana untuk perawatannya secara rutin. Belum lagi, pelanggan yang merasa tidak nyaman dengan mobil tersebut. Sebaliknya, Armada yang baru dan bersih akan memberikan nilai lebih ke pelanggan sehingga dan perjalanan akan terasa berkesan, nyaman dan menyenangkan. Selain itu membeli mobil baru juga mengurangi biaya untuk perawatan.

Asuransi Mobil
Asuransi Mobil

Mendaftarkan ke Pihak Asuransi
Risiko yang bisa timbul dari memulai bisnis rental mobil ini mulai dari kerusakan karena kecelakaan, terkena bencana alam, ataupun hilang. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi sehingga segala kerusakan pada mobil bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Membuat syarat dan Ketentuan Sewa Mobil
Bisnis rental mobil memang mempunyai risiko cukup besar, seperti mobil tidak dikembalikan dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut maka cara penanganannya dengan membuat persyaratan yang ketat sebelum menyewa mobil. Persyaratan tersebut bisa dengan membuat surat perjanjian yang mana di dalam surat tersebut terdapat tanda tangan penyewa. Selain itu, sebaiknya meminta KTP ataupun identitas lain yang harus ditinggalkan. Ada baiknya juga memasang GPS pada mobil sewaan sehingga keberadaannya bisa dipantau dengan baik.

Promosi Layanan Rental
Setelah semua persiapan itu sudah dilakukan, maka hal selanjutnya adalah mempromosikan bisnis rental anda. Mulai dengan lisan langsung ke orang terdekat, bisa juga dengan lewat sosial media, bahkan sekarang sudah bisa promosi lewat website. Selain itu, anda juga bisa bekerjasama dengan tempat perhotelan, restoran, bahkan pihak dari objek wisata juga bisa diajak kerja sama. Hal ini bisa lebih menguntungkan anda, selain jaringan market anda lebih luas, anda juga bisa membuat promosi tentang pihak-pihak tersebut ketika ada harga promo atau yang lainnnya.

Pilihan Mobil
Pilihan Mobil

Jadi itulah beberapa cara untuk memulai bisnis rental mobil. Memang untuk memulai sasuatu itu adalah hal berat disamping dari modal sendiri, tantangan dari pesaing pun juga patut diperhitungkan. Jangan sampai anda memulai dengan layanan dan fasilitas yang sama dengan pesain, jika seperti itu anda sudah pasti akan kalah terlebih dahulu, karena pesaing sudah lebih dulu dikenal oleh pelanggan.

Ciptakanlah sesuatu yang berbeda dari pesaing anda misalnya dengan membuat kantor bercirikhas interior Jogja atau yang lainnya, meskipun banyak yang anda tiru dari mereka, tapi ciri khas akan mempengaruhi jalan bisnis anda. Tetap semangat dan sampaijumpa di artikel berikutnya.

WhatsApp WhatsApp us