Rutinitas pekerjaan setiap hari tentu lama kelamaan akan membuat menjadi beban tersendiri. Maka tak asing jika hampir sebagian orang mengisi waktu weekend atau pun hari berliburnya dengan berwisata. Dengan mengadakan perjalanan wisata dapat meringankan stres dan menambah quality time bersama keluarga.

Pergi wisata pun banyak transportasi yang bisa digunakan mulai dari kendaraan pribadi, umum ataupun rental mobil. Ada sebagian orang yang tak tahan bertahan lama berada di dalam kendaraan baik itu kendaraan pribadi ataupun tidak. Dari hal tersebut timbul rasa mual yang bisa membuat wisata kurang menyenangkan.

Tips Menghindari Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan tentu tidak mengenakan selain tubuh merasa terus mual dan perjalanan terganggu sehingga tidak bisa menikmati suasana liburan. Sehingga yang tadinya bisa menikmati perjalanan, tetapi tidak bisa karena rasa mual yang tidak enak. Oleh karena itu kami berikan tips menghindari mabuk perjalanan saat berwisata.

Pilih Kursi Paling Depan

Duduk Kursi Depan
Duduk Kursi Depan

Apabila sudah mengetahui sering mengalami mabuk perjalanan maka sebaiknya pilih kursi paling depan di samping pengemudi. Karena duduk pada kursi yang paling depan membuat anda dapat melihat dengan lebih leluasa. Sehingga pikiran anda tetap berjalan dan mengurasi rasa mual.

Pastikan jangan duduk di paling belakang karena kursi paling belakang pandangan anda akan terhalangi oleh kursi-kursi yang berada didepannya sehingga pikiran anda kurang berjalan.

Selain itu kursi paling berada di atas ban yang menjadikan kursi ini menerima dapak goyangan yang paling besar ketika ban melewati jalan rusak atau polisi tidur. Ternyata dari posisi tempat duduk juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan rasa mual bisa berkepanjangan jika sampai salah tempat duduk.

Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan
Menikmati Pemandangan

Begitu kendaraan mulai bergerak maka fokuskan pikiran untuk melihat pemandangan di samping-samping jalan. Maka hendaknya mencari tempat duduk yang dekat jendela sehingga pemandangan bisa terlihat jelas. Namun, ada baiknya meminta izin ke penumpang sebelah apakah boleh menggunakan kursi yang dekat dengan jendela.

Dengan melihat pemandangan dari samping mobil, pikiran anda menjadi tidak jenuh, dan akan tetap fresh. Apalagi ketika melihat pohon-pohon hijau yang indah tentu saja bisa menghilangkan sejenak mual di perut.

Hindari Membaca

Hindari Membaca
Hindari Membaca

Untuk menghindari mabuk selanjutnya yaitu hindari membaca apapun baik dari buku ataupun sekedar bermain gawai. Mengapa demikian? Karena saat kondisi membaca antara mata dan teks bisa bergoyah karena sulit untuk menentukan titik baca pada buku ataupun gawai.

Hal ini akan mempengaruhi organ keseimbangan yang ada di telinga sehingga menimbulkan rasa mual dan kepala yang terasa berputar. Ketika kamu membaca buku atau bermain gawai, masalah ini akan semakin parah karena kamu memaksakan diri untuk fokus pada buku atau gadget. Lebih baik jika kamu mendengarkan musik saja untuk menghilangkan kejenuhan selama perjalanan.

Mengunyah permen karet

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah Permen Karet

Ada sebagian orang beranggapan bahwa permen karet perlu dibawa dan dikunyah selama perjalanan di dalam kendaraan. Rasa manis berbeda tersebut dapat mengatasi rasa mual yang seringkali muncul. Selain itu, bau dari permen karet bisa membantu menenangkan indera dan menghilangkan tanda-tanda mual. Pikiran anda juga akan fokus untuk menguyah permen karet sehingga pikiran anda tidak jenuh dan mengurangi penyebab mual.

Tidur

Tidur saat Perjalanan
Tidur saat Perjalanan

Langkah selanjutnya yang paling mudah dilakukan yaitu tidur. Dengan tidur sistem visual tidak bertentangan dengan sistem vestibular tubuh sehingga bisa sedikit mengurangi rasa mual. Apalagi jika harus melakukan perjalanan panjang untuk sampai ke tempat tujuan wisata, maka tidur juga membantu tubuh untuk memulihkan kondisi yang kurang fit.

Memakai minyak angin atau aroma terapi

Minyak angin bisa menjadi obat yang ampuh untuk mencegah munculnya rasa mual. Kamu bisa menghirup aromanya atau mengoleskannya di area perut terutama bagian pusar atau mengoleskannya di bagian pelipis beberapa saat sebelum perjalanan.

Jadi itulah beberapa upaya mengatasi mabuk perjalanan. Pastinya setiap orang ingin menikmati perjalanan dan liburan berkunjung ke berabagai wahana wisata. Sebaiknya jika sudah mengetahui sering menderita mual di dalam kendaraan tertutup hendaknya minum obat anti mual untuk tidak mengalami pusing ataupun kondisi tubuh yang down.

Sekian dari kami, jangan lupa untuk membaca artikel JogjaHiace lainnya. Banyak informasi menarik untuk anda.

WhatsApp WhatsApp us