Saat musim liburan akhir tahun dan memasuki awal tahun baru, banyak tempat wisata yang ramai dikunjungi. Daerah wisata seperti Jogja menjadi ramai dibandingkan hari-hari biasanya. Tips liburan sehari di Jogja bisa menjadi bermanfaat.

Jogja memang daerah yang memiliki banyak spot wisata. Bahkan bisa dikatakan terdapat lebih dari 50 spot wisata yang bisa ditemukan dan dikunjungi. Wajar saja jika Jogja menjadi salah satu destinasi wisata diantara daerah wisata lainnya seperti Bali, Lombok dan daerah wisata lainnya.

Tips Menikmati Liburan Sehari Di Jogja

Bagaimana jika Anda hanya memiliki waktu seharian mengunjungi berbagai lokasi wisata di Jogja? Apalagi jika berkunjung pada masa berliburan, sehingga akan banyak lokasi yang padat di sini. Namun tenang saja, kondisi ini sering terjadi dan banyak jasa rental mobil Hiace atau jasa paket wisata yang sudah biasa memberikan solusinya.

Inilah beberapa tips wisata supaya dapat menikmati liburan dengan menyenangkan dan efektif:

1. Naik Transportasi Yang Kedatangannya pagi

Supaya bisa mendapatkan stamina cukup untuk berkeliling ke berbagai wisata di Jogja maka sebaiknya memilih transportasi umum yang kedatangannya di pagi hari. dengan perjalanan tersebut bisa beristirahat sebelum sampai ke tempat tujuan. Istirahat sangat diperlukan untuk mengumpulkan tenaga untuk menikmati aneka wisata di Kota Gudeg.

Sewa Mobil Hiace, sumber ig erdotrans
Sewa Mobil Hiace, sumber ig @erdotrans

2. Berangkat pada Malam hari

Poin di atas merupakan penjelasan bagi yang menggunakan transportasi umum. jika rencana berlibur dengan menggunakan transportasi pribadi maka hendaknya berangkat di waktu sore ataupun malam hari. hal itu dimaksudkan karena pada jam-jam tersebut jalanan di Jogja tidak terlalu ramai.

Pastikan pula lampu depan kendaraan yang dibawa menyala dan tidak redup karena kondisi malam hari dengan jarak pandang terbatas. Poin ini berlaku bagi yang akan menggunakan transportasi umum karena semua transportasi umum yang kedatangannya pagi maka keberangkatan dilakukan pada malam hari.

3. Membawa Uang Seperlunya

Tips wisata selanjutnya, dalam satu hari berwisata di Jogja maka sebaiknya membawa uang tunai secukupnya. Sediakan pula uang cadangan di Atm. Untuk bisa lebih cepat dalam transaksi jual beli di tempat wisata maka pastikan membawa beberapa uang dengan nominal kecil.

4. Jangan Membawa barang terlalu banyak

Liburan yang hanya sehari tak perlu membawa barang banyak-banyak. Cukup membawa barang penting sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Barang bawaan yang terlalu banyak selain merepotkan juga memberatkan diri sendiri karena harus menentang bawaan setiap bepergian belum lagi dengan oleh-oleh yang akan dibeli.

5. Area Wisata Kota Jogja

Agar tidak repot, area wisata di Kota Jogja menjadi rekomendasi yang paling mudah. Meskipun begitu, tidak jarang para wisatawan yang tetap berusaha mengunjungi spot wisata lainnya meskipun terdapat di sudut daerah di Jogja. Jika begitu, mereka paling hanya bisa menikmati dua tempat dan harus kembali pada masa liburan selanjutnya untuk menikmati tempat lainnya.

Tips untuk Anda yang pertama kali berliburan di Jogja memang lebih tepatnya mengenal Kota Jogja terlebih dahulu. Karena di sini, Anda bisa menikmati spot wisata sejak pagi hingga malam hari. Berikut beberapa tempat di area Kota Jogja yang bisa Anda nikmati selama sehari :

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar pagi yang mulai beroperasi sejak 08.30 hingga pukul 21.00. Meskipun begitu di area ini terdapat beberapa pedagang yang menjajakan sarapan dari pagi hari. Pasar ini menyediakan barang-barang tradisional.

Taman Pintar

Taman Pintar mulai buka sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.15 sore. Tempat ini merupakan tempat hiburan yang edukatif, cocok untuk wisatawan usia sekolah yang didampingi oleh orang tuanya. Terdapat banyak permainan yang bisa memberikan pengetahuan.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg mulai buka sejak 07.30 hingga pukul 16.00 sore. Tempat ini berisi barang-barang peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia di Jogja. Meskipun hanya barang peninggalan sejarah, suasana dan arsitektur benteng yang merupakan arsitektur bangunan Belanda memberikan sensasi tersendiri.

Malioboro

Malioboro adalah sebuah jalan yang menjadi pusat segala aktivitas di Kota Jogja. Di area ini mulai pagi hari sudah terdapat penjaja sarapan. Saat mulai siang hari, seluruh pusat perbelanjaan juga mulai buka hingga sore dan pada malam hari kembali berganti menjadi warung lesehan atau tempat makan dan tempat berbagai atraksi seni yang tersedia.

Alun-alun Kidul

Alun-alun kidul biasa dinikmati pada malam hari sebagai tempat hiburan dan tempat nongkrong. Di tempat ini terdapat berbagai atraksi permainan dan penjual makanan. Keramaian di tempat ini yang biasanya dicari pengunjung dengan kerlap kerlip cahaya lampunya.

Itu dia tips liburan sehari di Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.